Uji Emisi exhaust mobil Pergub DKI Jakarta Nomor 66 Tahun 2020

Hay Honda Lovers Sahabat Agung Honda Internusa Cibinong,Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mengetatkan aturan emisi gas buang dari kendaraan bermotor sebagai langkah pengendalian polusi udara mulai tahun ini. Para pemilik sepeda motor dan mobil, terutama yang berusia tiga tahun ke atas wajib melakukan uji emisi sesuai Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta Nomor 66 Tahun 2020. Pada aturan sama, disebutkan bahwa setiap kendaraan harus memenuhi ambang batas emisi. Hal ini kemudian secara rinci termaktub dalam Pergub DKI Jakarta Nomor 31 Tahun 2008. Jika pemilik mobil atau motor tidak menjalani dan atau tidak lulus uji emisi gas buang, terancam dikenakan sanksi berupa pemberian tarif parkir tertinggi dan tilang.

BACA JUGA : Penjelasan Pajak PPNBM 0%

Nah Honda Lovers, sore tadi Agung ngobrol langsung dengan Pak Suswanto selaku Service Advisor di Dealer Honda Internusa Cibinong, mengenai Uji Emisi apakah bisa dilakukan di dealer Honda Internusa Cibinong? 

Setiap mobil Honda saat ini telah memiliki gas buang sensor yang dapat mendeteksi batas toleransi gas buang beracun, jika sistem pembuangan gas hasil dari pembakaran tidak ada modifikasi alias tidak merubah knalpot mobil Honda tersebut, maka dapat dipastikan gas buang mobil Honda (yang sudah memiliki sensor gas buang) lolos uji emisi.

Lalu bagaimana jikalau ternyata gas buang pembakarannya melebihi dari batas ambang toleransi? info dari Bapak Suswanto selaku Service Advisor Dealer Honda Internusa sore tadi, maka lampu indikator engine menyala di indikator layar MID (dekat speedometer). 

Lalu bagaimana menyikapi Uji Emisi mobil Pergub DKI Jakarta Nomor 66 Tahun 2020 ? Berhubung aturan itu dikeluarkannya di jakarta, maka uji emisinya pun saat ini dapat dilakukan di Jakarta. Ada 36 tempat untuk melakukan uji emisi di Jakarta. cara melihatnya adalah dengan install app dibawah ini :

Elektronik Uji Emisi (EUJI) milik Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta

(Sumber : https://www.antaranews.com/berita/1966876/tersedia-36-bengkel-uji-emisi-di-jakarta-selatan)

BACA JUGA : 5 Fitur High Technology Honda Sensing tercanggih di Honda

Penegakan hukum di jalan akan dilakukan oleh Kepolisian dan Dinas Perhubungan DKI. Ancaman denda maksimal bagi pelanggar Rp 250 ribu untuk pengendara sepeda motor dan Rp 500 ribu untuk pengendara mobil. Hukuman tilang ini mengacu pada Undang-Undang 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 285 dan Pasal 286. ” Syarat utama supaya kendaraan lulus uji emisi ialah soal perawatan. Secara teknis pasti dari kondisi mesinnya, apakah mobil atau motor terkait rutin melakukan servis atau tidak, dirawat tidak,” kata Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi DKI Jakarta Syaripudin. “Setelah itu, faktor kedua yang berkaitan adalah dari sisi bahan bakar yang digunakan pada kendaraan, bila menggunakan yang bagus otomatis sistem pembakarannya juga lebih baik,” kata dia.

Baca juga : Info A1 Honda Brio Urbanite Honda Bogor

 
Berikut ketentuan ambang batas emisi gas buang kendaraan bermotor;

1. Mobil bensin tahun produksi di bawah 2007, wajib memiliki kadar CO2 di bawah 3,0 persen dengan HC di bawah 700 ppm,
2. Mobil bensin tahun produksi di atas 2007, wajib memiliki kadar CO2 di bawah 1,5 persen dengan HC di bawah 200 ppm,
3. Mobil diesel tahun produksi di bawah 2010 dan bobot kendaraan di bawah 3,5 ton, wajib memiliki kadar opasitas (timbal) 50 persen,
4. Mobil diesel tahun produksi di atas 2010 dan bobot kendaraan di bawah 3,5 ton, wajib memiliki kadar opasitas 40 persen,
5. Mobil diesel tahun produksi di bawah 2010 dan bobot kendaraan di atas 3,5 ton, wajib memiliki kadar opasitas 60 persen,
6. Mobil diesel tahun produksi di atas 2010 dan bobot kendaraan di atas 3,5 ton, wajib memiliki kadar opasitas 50 persen,
7. Motor 2 tak produksi di bawah tahun 2010, CO di bawah 4,5 persen dan HC 12.000 ppm,
8. Motor 4 tak, produksi di bawah tahun 2010, CO maksimal 5,5 persen dan HC 2400 ppm,
9. Motor di atas 2010, 2 tak maupun 4 tak, CO maksimal 4,5 persen dan HC 2.000 ppm.

Demikian informasi dari Agung Honda Internusa Cibinong, jika ada pertanyaan tinggal klik ada logo whatsapp yang ada di bawah ini :

Uji Emisi Hotline

Agung Kardin Honda Internusa Cibinong
Hitungan dan harga bergaransi dari Agung, jika ada yang lebih murah, uang kembali 100% tanpa potongan !!